3+ Keutamaan Tentang Membaca Sholawat

Allah SWT memberikan perintah untuk bersholawat kepada seluruh umat muslim. Perintah tersebut pun juga telah tercantum di dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat ke-56. Bahkan apabila Anda mengerjakannya, terdapat berbagai keutamaan membaca sholat yang akan didapatkan.

4+ Keutamaan Membaca Sholawat Untuk Baginda Nabi Muhammad SAW

Salah satu bentuk umat muslim atas cintanya kepada Rasulullah Muhammad SAW yaitu dengan melakukan sholawat nabi. Secara bahasa, sholawat berasal dari suatu kata sholla yang berarti doa. Sehingga bisa dikatakan bahwa sholawat nabi yaitu doa-doa dan pujian kepada baginda nabi.

1.   10 Dosa Akan Dihapus Oleh Allah Setiap Kali Anda Bersholawat

Pada saat Anda bersholawat setiap satu kalinya, Allah akan bersholawat untuk orang tersebut dan menghapuskan 10 dosanya. Pasti Anda bisa membayangkannya sendiri, jika gemar bersholawat pasti mendatangkan banyak manfaat seperti banyak dosa dihapuskan oleh Allah SWT.

Hal itu pun sudah tercantum di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, bahwa seseorang bersholawat satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sebanyak 10 sholawat. Selain itu Allah juga menghapuskan 10 dosa-dosanya.

2.   Allah Mengangkat Derajat Orang-Orang yang Bersholawat

Allha telah berjanji kepada para umat-Nya untuk mengangkat derajat setiap orang yang bersholawat. Di dalam hadis riwayat Ahmad pun dijelaskan jika ada seseorang bersholawat sekali, akan ditulis Allah sebagai 10 kebaikan, menghapuskan 10 keburukan, dan derajatnya juga ditinggikan 10 kali.

Selain itu Allah juga akan mengembalikan 10 derajat pula kepada orang tersebut. Keutamaan membaca sholawat pun bisa mulai Anda dapatkan dan rasakan, begitu istimewanya bersholawat kepada baginda nabi Muhammad sampai dianjurkan untuk para umat-Nya.

3.   Doa yang Dipanjatkan Mudah Dikabulkan oleh Allah

Bersholawat sambil memanjatkan dia adalah bentuk ikhtiar supaya doanya bisa dikabulkan oleh Allah SWT dengan mudah. Hadis riwayat Tabrani menjelaskan bahwa pada setiap dia akan terhalangi sampai orang tersebur mengucapkan sholawat kepada Rasulullah Muhammad SAW. 

Selain itu ada hadis lainnya yang mengungkapkan hal sejenis, yaitu hadis riwayat dari Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi. Disebutkan bahwa ketika bersholawat sebaiknya memulainya dengan mengagungkan dan memuji Allah SWT.

Kemudian baru membaca sholawat untuk Rasulullah. Selanjutnya barulah Anda bisa memanjatkan doa sesuai dengan yang diinginkan.

4.   Akan Mendapatkan Syafaat dari Rasulullah Muhammad SAW

Rasulullah Muhammad SAW akan memberikan pertolongan atau syafaat kepada para umatnya atas izin dan kehendak Allah pada saat di akhirat kelak. Adapun golongan orang-orang yang akan mendapatkannya yaitu orang banyak melakukan sholawat kepada baginda nabi.

Hal itu berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad menyampaikan orang-orang yang bersholawat kepadanya adalah yang paling berhak memperoleh syafaat dari beliau di hari kiamat nanti.

5.   Allah Memasukkan Orang-Orang yang Bersholawat ke Alam Surga

Seseorang dengan banyak melakukan sholawat kepada nabi Muhammad akan dimudahkan Allah untuk masuk ke surga-Nya. Sementara jalan dari surga akan disimpangkan untuk orang-orang yang tidak melaksanakan sholawat, hal itu berdasarkan hadis riwayat Tabrani.

Muslim Pergi sebagai penyedia layanan software travel haji dan umroh bisa membantu bisnis travel Anda atas menawarkan kemudahan bagi para jamaah calon haji. Bahkan ada banyak manfaat yang tidak hanya didapatkan jamaah saja, tetapi juga para admin.

Ada fitur radio transmitter dan tawas otomatis di dalam sistem informasi Muslim Pergi. Anda dapat mencobanya melalui aplikasi demonya pada website MuslimPergi atau bisa juga melalui sosial media Instagramnya (@muslimpergi). Hubungi customer service segera untuk info lebih lanjut.