Bagaimana Awal Datangnya Islam di Mekkah?

Bagaimana Awal Datangnya Islam di Mekkah?

Islam diturunkan Alloh SWT ke dunia pada abad ke-7 Masehi. Islam datang untuk mengakhiri periode zaman jahiliyah di daratan Arab. Apakah Anda sebagai seorang Muslim sudah tahu bagaimana awal datangnya Islam di Mekkah? 

Masa Sebelum Islam Datang

Masyarakat Arab pada masa itu adalah kaum Jahiliyah yang artinya kebodohan. Anda tidak bisa mengartikan jahiliyah sebagai kebodohan secara harfiah. Tapi masa-masa ini dinamai demikian karena tingkah laku mereka yang ingkar dengan ke-esaan Tuhan. 

Pada masa ini Mekkah menjadi pusat kaum Quraisy. Sebagian dari mereka menyembah berhala. Tapi ada juga penduduk Mekkah yang menganut agama Kristen ataupun Yahudi. Hal yang lebih menyedihkan lagi, Ka’bah yang dibangun Nabi Ibrahim digunakan sebagai tempat penyembahan. 

Masa Awal Datangnya Islam di Mekkah 

Awal datangnya Islam di Mekkahterjadi pada tahun 611 Masehi, tepat ketika Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama kali di dalam Gua Hira’. Nabi Muhammad SAW sendiri dilahirkan pada tahun 571 Masehi di Arab Saudi. Beliau berasal dari kaum Quraisy. 

Wahyu pertama ini diterima oleh Rosululloh ketika beliau berusia 40 tahun dan sudah menikah dengan Khadijah. Ajaran Islam tidak disambut baik oleh penduduk Mekkah. Karena itulah tepat pada tahun 622 Masehi, Nabi Muhammad SAW beserta para pengikut setianya berpindah ke Madinah. 

Tahun pindahnya umat Muslim ini dijadikan sebagai dasar perhitungan kalender Hijriyah. Ketika telah tiba di Madinah, Nabi Muhammad menyatukan 2 kaum yaitu Anshar dan Muhajirin. Kaum Anshar adalah umat Muslim asli Madinah. Muhajirin adalah Muslim asli Mekkah. 

Umat Muslim di bawah pimpinan Nabi Muhammad SAW baru bisa menginjakkan kaki kembali ke Mekkah ketika terjadi perjanjian Hudaibiyah. Pada momentum ini, banyak kafir Quraisy yang menganut ajaran Islam. Penaklukan kota ini bahkan tidak perlu melalui peperangan. 

Jamaah Umroh Kini Tak Perlu Bawa Buku Setumpuk, Cukup Gunakan MuslimPergi Saja!

Mekkah memang menjadi kota suci bagi umat Islam. Disanalah umat Muslim seluruh dunia berkumpul untuk menjalankan ibadah haji atau umroh. Biasanya, umat Muslim saat haji/umroh akan membawa setumpuk buku panduan manasik yang diberikan oleh pihak tour and travel mereka. 

Apakah kebiasaan ini tidak bisa dibuat lebih praktis saja? Anda bisa jadi biro umroh pertama di Indonesia yang membuat terobosan panduan manasik dengan sistem digital. Kami menyediakan keperluan digitalisasi bisnis panduan umroh Anda dengan menghadirkan aplikasi MuslimPergi. 

MuslimPergi adalah aplikasi yang menyediakan fitur multiguna untuk usernya. Ada aplikasi versi agen dan juga jamaah. Jadi aplikasi ini bisa diunduh oleh agen-agen Anda di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian jamaah yang telah melakukan pemesanan paket umroh juga bisa mengunduh aplikasi ini. 

Apa saja keunggulan MuslimPergi untuk jamaah umroh travel Anda?

1.Fitur “Pemesanan”

Memudahkan jamaah Anda menentukan sendiri paket yang akan mereka pilih. Menu ini memuat secara detail informasi paket umroh Anda. Mulai dari harga tiket pesawat, penginapan, jadwal perjalanan, sisa kursi, jadwal keberangkatan, dan lain sebagainya. 

2.Fitur Jamaah to Jamaah

Fitur ini memudahkan seorang jamaah untuk mendaftarkan kerabat atau temannya yang ingin ikut berangkat umroh. Jamaah bisa mendaftar plus melakukan pembayaran hanya dengan 1 kali login ke aplikasi MuslimPergi. 

3.Fitur Panduan Ibadah

Selain fitur pemesanan dan jadwal, MuslimPergi juga dilengkapi dengan kemudahan mengakses panduan ibadah. 1 aplikasi ini sudah memuat buku panduan manasik, jadwal sholat, panduan doa, hingga radio transmisi yang nantinya bisa digunakan untuk mendengarkan pembimbing. 

Aplikasi MuslimPergi ini bisa menjadi jawaban jika Anda ingin keberangkatan para jamaah lebih simpel. Tak perlu membawa cukup banyak buku panduan. Mereka hanya perlu 1 aplikasi dan semua panduan ibadah bisa diakses. Segera hubungi Kami untuk informasi lebih lanjutnya!