Masjid Nabawi hingga Tanah Haram, Inilah Berbagai Keistimewaan Kota Madinah

Ketika Anda melakukan perjalanan haji dan umroh, nantinya Anda berkunjung ke kota paling suci kedua setelah Kota Mekkah. Yaps, kota tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Kota Madinah. Kota Madinah ini bukan hanya sekedar kota biasa, namun Kota Madinah menyimpan berbagai keistimewaan yang perlu Anda ketahui.

Saking istimewanya kota ini, terdapat banyak hadits yang menjelaskan mengenai Kota Madinah. Salah satu hadits tentang kota madinah adalah “Barang siapa bersabar atas kesulitan Madinah dan karena tinggal di sana, maka aku akan menjadi penolongnya pada hari kiamat.” (HR. Muslim).

Informasi Singkat Mengenai Kota Madinah

Perlu Anda ketahui bahwa ada 2 suku bangsa arab terbesar yang ada di Kota Madinah, yakni Suku Khazraj dan Suku Aus. Dikutip dari laman wikipedia, Suku Aus dan Suku Khazraj ini adalah kabilah Arab yang tinggal di Madinah pada masa awal penyebaran agama Islam. 

Kedua suku tersebut sama-sama berasal dari daerah Yaman, yang hijrah ke Yatsrib (nama lama dari Kota Madinah) setelah terjadi bencana pecahnya bendungan Ma’rib. Pada awalnya kedua suku ini tidak akur dan selalu berselisih. Namun setelah terjadinya perang, kedua suku tersebut sepakat untuk hidup secara berdampingan dengan damai.

Mengenal berbagai keistimewaan Kota Madinah, Sumber: news.detik.com
Mengenal berbagai keistimewaan Kota Madinah, Sumber: news.detik.com

Jika Anda salah fokus dengan kata Yatsrib, kami sudah menginformasikan perihal tersebut di artikel kami sebelumnya. Singkatnya, Yatsrib ini merupakan sebutan bagi Kota Madinah sebelum Islam datang. Pada saat itu, kota ini dikenal sebagai kota pusat perdagangan.

Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib, kota Yatsrib tersebut mengalami perubahan nama. Nama tersebut diubah menjadi al Madinah al Munawwarah. Arti dari kata tersebut adalah kota yang bercahaya. Bukan hanya itu saja, terdapat nama Kota Madinah lainnya yang dikenal dengan sebutan Thaibah. 

Perlu Anda ketahui juga, bahwa ternyata Kota Madinah memiliki buah terbaik di dunia. Buah terbaik yang dimaksud tersebut adalah buah zuriat. Buah zuriat memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Keistimewaan Kota Madinah

Setelah mengetahui informasi singkat mengenai Kota Madinah, saatnya Anda mengetahui berbagai keistimewaan yang tersimpan di kota penting ini. Jadi bagi Anda yang baru melakukan umroh pertama, sudah paham mengenai Kota Madinah. Berikut berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Kota Madinah.

1. Masjid Nabawi

Keistimewaan pertama dari Kota Madinah adalah adanya Masjid Nabawi. Bagi Anda yang belum paham, Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh baginda Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan tangan sendiri yang dibantu oleh para sahabat.

Perlu Anda ketahui bahwa Masjid Nabawi ini menjadi salah satu dari 3 masjid penting yang bersejarah di Kota Madinah. Ketiga bangunan masjid ini adalah Masjid Nabawi, Masjid Qiblatain, dan Masjid Quba. Untuk saat ini, Kota Madinah khususnya Masjid Nabawi ramai dikunjungi oleh kaum muslim untuk melakukan ziarah.

Bukan hanya itu saja, bahkan bagian dari Masjid Nabawi merupakan tempat peristirahatan terakhir baginda Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW dimakamkan di sudut tenggara Masjid Nabawi yang bersebelahan dengan 2 makam sahabatnya, yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

2. Tanah Haram

Keistimewaan kedua dari Kota Madinah adalah termasuk tanah haram dan tempat yang aman. Bahkan kelak Kota Madinah tidak akan bisa dimasuki oleh Dajjal, pasalnya kota suci ini telah dijaga oleh para malaikat di bagian pintu masuk Kota Madinah. Hal tersebut juga telah disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Di pintu-pintu masuk kota Madinah ada malaikat-malaikat (yang menjaganya) sehingga tidak bisa dimasuki tha’un dan Dajjal.” (HR. Bukhari no. 1880, Muslim no. 1379).

Keindahan dari Masjid Nabawi, Sumber: bbc.com
Keindahan dari Masjid Nabawi, Sumber: bbc.com

3. Keberkahan Dilipatgandakan

Terdapat salah satu hadits yang menyampaikan bahwa Kota Madinah memiliki keberkahan yang dilipatgandakan. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

“Ya Allah, jadikanlah keberkahan yang ada di Madinah dua kali lipat dibandingkan keberkahan yang ada di Mekkah.” (HR. Bukhari no. 1885, Muslim no. 1369).

4. Mendapat Syafa’at Jika Bersabar Menghadapi Kesulitan Hidup di Madinah

Dimanapun seseorang tinggal, tentu saja akan ada kesulitan ataupun cobaan yang datang. Sama halnya jika berada di Madinah. Jika orang tersebut dengan sabar menghadapi kesulitan hidup yang terjadi di Madinah, maka kelak ia akan mendapatkan syafa’at di hari kiamat kelak. Hal tersebut disampaikan dalam 1 hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bersabar terhadap cobaannya (cobaan hidup di Madinah) maka aku akan menjadi pemberi syafa’at atau saksi baginya di hari kiamat.” (HR. Muslim no. 1377, Tirmidzi no. 3918).

Makam baginda Nabi Muhammad SAW di dalam Masjid Nabawi, Sumber: diaksunduskaryautama.websites.co.in
Makam baginda Nabi Muhammad SAW di dalam Masjid Nabawi, Sumber: diaksunduskaryautama.websites.co.in

5. Mendapat Syafa’at Ketika Meninggal di Madinah

Pernah mendengar mengenai seseorang yang ingin meninggal dunia di tanah suci? Nah, ternyata terdapat alasannya jadi bukan hanya sebuah keinginan saja. Jadi meninggal dunia di Madinah, kelak saat hari kiamat tiba akan mendapatkan syafa’at. Hal ini sudah dijelaskan di dalam hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang bisa mati di Madinah, maka silakan mati di sana, sehingga aku akan memberi syafa’at kepada siapa yang mati di sana.” (HR. Tirmidzi no. 3917, Ibnu Majah no. 311).

Meskipun demikian, bukan berarti seseorang memaksakan diri untuk meninggal ya. Maksudnya bukan dengan cara yang tidak disukai Allah, seperti menabrakkan diri ke kendaraan lain agar meninggal, mencoba bunuh diri, atau yang lainnya. Jadi meninggal yang dimaksud adalah meninggal yang alami karena memang sudah waktunya.

6. Manusia Terbaik Umat Islam Dimakamkan di Madinah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa sebagian dari Masjid Nabawi merupakan makam dari baginda Rasulullah SAW beserta Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Selain itu di makam yang ada di Madinah juga ada makam para sahabat Rasulullah SAW dan generasi selanjutnya.

7. Sholat di Masjid Nabawi Lebih Utama

Perlu Anda ketahui bahwa beribadah sholat di Masjid Nabawi lebih utama 1000 kali pahala dari Masjid lain selain Masjidil Haram. Selain itu, mereka yang sholat 40 kali waktu berturut-turut di Masjid Nabawi akan dibebaskan dari siksa api neraka, dijauhkan dari siksa dan kemunafikan.

Mengenai keutamaan tersebut sudah disampaikan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Sholat di masjidku ini lebih baik daripada seribu sholat di masjid yang lain, kecuali Masjidil Haram (di Makkah).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tampilan dari Makam Baqi yang ada di Madinah, Sumber: travel.okezone.com
Tampilan dari Makam Baqi yang ada di Madinah, Sumber: travel.okezone.com

Itulah tadi berbagai keistimewaan Kota Madinah yang perlu diketahui. Apalagi bagi jamaah umroh penting untuk mengetahui informasi seperti ini. Karena itu sebaiknya penyedia layanan travel umroh memberikan informasi penting tersebut kepada para jamaah. 

Informasi mengenai hal tersebut bisa disampaikan dengan menggunakan aplikasi travel umroh MuslimPergi. Nantinya jamaah akan dengan mudah mendapatkan update berbagai informasi melalui aplikasi tersebut. Jadi bagi penyedia layanan travel umroh, perlu memikirkan lagi mengenai kemudahaan bagi jamaah tersebut.

Konsultasikan lebih lanjut mengenai sistem aplikasi ini di MuslimPergi. Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjutnya. Selain melalui online, Anda juga bisa konsultasi secara langsung dengan mendatangi kantor kami. Silahkan kunjungi kantor kami di Jl. Bone Utama No.13C, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.