Image

Mengapa Kita Perlu Membaca Doa Bepergian?

Hampir setiap orang menyukai bepergian, tanpa terkecuali Anda. Barangkali Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat. Akan tetapi, sebelum melakukan perjalanan maka Anda perlu berdoa terlebih dahulu. Sebenarnya mengapa perlu membaca doa bepergian? 

Pada intinya doa adalah sebuah cara berharap. Doa bepergian yang dilafadzkan memiliki sebuah harapan agar mendapatkan keselamatan bagi pendoa selama melakukan perjalanan. Dengan demikian, rasa gelisah akan hilang. 


Apa Saja Manfaat Membaca Doa Bepergian?


Doa bepergian atau melakukan sebuah perjalanan sangat penting dilafadzkan. Semua orang tidak akan tahu  bagaimana nasib atau takdir berbicara kepada seseorang yang melakukan perjalanan. Seluruhnya adalah kehendak Allah SWT. 

Tuhan Yang Maha Kuasa adalah pemilik skenario perjalanan terhebat bagi setiap makhluk-Nya. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh berusaha dengan berdoa. Doa akan membawa banyak kebaikan bagi setiap pelakunya termasuk ketika hendak bepergian. Mengapa demikian?

1.     Melenyapkan kegelisahan 

Ketika Anda berdoa sebelum melakukan perjalanan, maka kegelisahan akan sirna. Segala kepenatan dan kegelisahan nantinya akan hilang dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa akan membuat setiap orang tenang dan merasa bahwa Allah SWT selalu menyertai dalam perjalanan yang dilakukan. 

2.     Selalu mengingat Allah SWT 

Mengapa perlu membaca doa bepergian? Tentu saja dengan membaca doa sebelum bepergian, maka hal itu berarti Anda akan selalu mengingat Allah SWT. Pada hakikatnya segala hal yang hendak Anda lakukan memang harus menyertakan Allah. Dengan demikian, seluruh perbuatan Anda akan diberkahi. 

3.     Menjadikan diri tidak sombong 

Berdoa kepada Allah SWT menjadikan diri Anda tidak sombong. Pada dasarnya Allah sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa. Justru orang-orang yang tidak berdoa adalah orang-orang sombong. Maka dari itu, berdoalah dengan sebaik-baiknya bacaan doa. 

4.     Menjunjung tinggi rasa optimis 

Melantunkan doa akan menjadikan diri Anda terus optimis dalam menjalani hidup. Segala kebaikan yang hendak Anda lakukan dengan menyertakan Allah, pasti akan semakin berkah. Semua langkah Anda akan mendapat keridhoan dari Allah SWT. 

 

Membaca Doa Bepergian Agar Dilindungi Allah SWT 


Biasakan membaca doa sebelum melakukan sesuatu. Termasuk bepergian ke luar rumah. Doa guna memulai suatu perjalanan ke tempat tertentu merupakan hal mulia yang perlu dilakukan. Tentu tidak ada manusia yang tahu apa gerangan di perjalanan nanti. 

Jangan pernah lupa dan lalai untuk berdoa sebelum mengawali kegiatan. Saat semua keperluan beres disiapkan, berikutnya Anda dapat langsung berdoa sebelum memulai perjalanan. Pastinya perjalanan Anda akan kian berkah dan mendapat perlindungan dari Allah SWT. 

 

Anjuran Berdoa yang Baik dan Benar 


Sebelum berdoa sebaiknya Anda memperhatikan bagaimana adab yang dianjurkan. Hal ini agar setiap doa yang Anda panjatkan bisa langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Termasuk doa sebelum melakukan perjalanan. Lantas, seperti apa saja anjuran berdoa yang baik dan benar?

1.     Awali dengan bismillah. Pastinya segala sesuatu memang harus diawali dengan menyebut nama Allah SWT. 
2.     Berdoalah dengan menghadap kiblat sembari kedua tangan Anda mengangat ke udara. 
3.     Berdoalah dengan khusyuk hanya kepada Allah SWT. 
4.     Jangan lupa berdoa dengan suara pelan dan bukannya berteriak-teriak. Percayalah bahwa Allah Maha Pendengar.
5.     Yakinlah bahwa doa Anda akan terkabul. Jangan justru terburu-buru dalam melafadzkan doa. 

Berdoa akan memudahkan Anda dalam melakukan perjalanan. Termasuk saat melakukan ibadah umroh dan haji. Selain berdoa, Anda juga perlu memanfaatkan aplikasi travel umroh dan haji yang mutakhir seperti MuslimPergi. 

Aplikasi MuslimPergi akan memberikan manfaat praktis kepada Anda dalam menjalankan ibadah umroh dan haji. Berbagai fiturnya sangat bermanfaat bagi Anda seperti pendaftaran paket, cek perjalanan, tracking jamaah, melihat kursi kosong dan sebaginya. Penasaran? Instal aplikasi canggih ini sekarang juga! 

 

Muslimpergi
Customer Service

CS MuslimPergi
Assalamu'alaikum 👋

Ada yang bisa kami bantu?
×
Chat with Us