Image

Tips Memilih Tabungan Haji & Umroh

Sebagai seorang muslim, tentu berangkat ibadah haji ke tanah suci adalah salah satu cita-cita terbesar selama hidup. Selain haji, umroh adalah ibadah yang sangat ingin dijalankan muslim meski statusnya sunnah. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tips memilih tabungan haji & umroh.

Ada sedikit perbedaan antara tips memilih tabungan haji & umroh mengingat penyelenggaraan ibadah haji di tanah air ditetapkan kuota berdasarkan daerah keberangkatannya. Kuota ini juga berdasarkan ketetapan yang diberikan Kerajaan Arab Saudi. 


Tips Memilih Tabungan Haji

Para jamaah haji asal Indonesia harus menunggu selama beberapa puluh tahun sebelum dapat berangkat haji. Waktu tunggu haji di Indonesia sendiri rata-rata berkisar 30 tahun bahkan ada yang mencapai 40 tahun. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tips memilih tabungan haji. :

  1. Pilih di Bank Syariah
    Meski bank konvensional juga menyediakan opsi tabungan haji, namun sebaiknya pilih tabungan haji yang disediakan oleh bank syariah. Hal ini untuk meminimalisir keharaman yang mungkin timbul akibat transaksi berdasarkan ribawi yang dijalankan di bank konvensional. 

  2. Cek Fasilitas yang Ditawarkan
    Tips berikutnya dalam memilih tabungan haji adalah mengecek fasilitas yang ditawarkan oleh bank penyedia tabungan haji. Beberapa bank memberi tambahan fasilitas berupa asuransi diri bagi jamaah haji. 

  3. Cek Biaya
    Terkait biaya, setiap bank mempunyai aturan yang berbeda terkait biaya. Beberapa bank bahkan sangat memudahkan para nasabahnya yang ingin membuka tabungan haji dengan biaya minimal bulanan mulai dari ratusan ribu Rupiah dan biaya setoran awal mulai dari Rp 100 ribuan saja. 

    Menariknya, tidak ada biaya administrasi yang ditetapkan untuk tabungan haji. Namun, Anda harus memahami bahwa Anda baru bisa mendapatkan antrean haji via SISKOHAT ketika dana tabungan haji minimal Anda mencapai Rp 25 juta.


Tips Memilih Tabungan Umroh

Sedikit berbeda dengan tabungan haji, Anda yang ingin berangkat umroh dapat segera berangkat ketika dana umroh sudah terkumpul. Biaya minimal umroh yang ditetapkan oleh Kementrian Agama adalah Rp 26 juta. Berikut tips memilih tabungan umroh:

  1. Pilih Opsi Pembiayaan Umroh
    Banyak orang yang tidak mampu untuk langsung menyerahkan biaya umroh sebesar Rp 26 juta. Bagi Anda yang memilih pembiayaan umroh dengan cara mencicil, Anda bisa memilih opsi Kredit Tanpa Agunan (KTA) umroh. 

    Opsi kredit ini memungkinkan jamaah untuk berangkat umroh meski biaya umroh belum lunas. Jadi Anda bisa berangkat terlebih dulu dan mencicil biayanya di belakang. Namun pastikan bahwa opsi kredit tersebut bebas riba dan bebas akad yang dilarang dalam Islam. 

  2. Tabung di Bank Syariah atau di Perusahaan Travel Umrah
    Selain menabung di bank syariah, Anda juga bisa menabung di perusahaan travel umrah. Menabung di perusahaan travel umrah banyak disukai karena perusahaan akan memberangkatkan jamaah ketika biaya sudah lunas. Pastikan pilih perusahaan travel umrah yang terpercaya dan memiliki kondisi keuangan sehat.

  3. Jangan Tergiur Oleh Biaya Murah
    Salah satu tips memilih tabungan haji & umroh yang sangat penting adalah jangan sampai Anda tergiur oleh biaya murah yang ditawarkan oleh lembaga keuangan atau perusahaan travel umrah dan haji. 

Banyak orang yang tergiur oleh iming-iming biaya haji umroh murah yang tidak sesuai dengan ketetapan minimal Kementrian Agama. 

Anda yang menjalankan usaha biro haji umrah, segera perbaiki sistem manajemen jamaah haji dan umrah Anda bersama Muslim Pergi. Muslim Pergi adalah perusahaan IT yang membantu biro perjalanan haji dan umrah mengupgrade sistem. Kunjungi website https://www.muslimpergi.com/ untuk informasi lebih lanjut. 

Muslimpergi
Customer Service

CS MuslimPergi
Assalamu'alaikum 👋

Ada yang bisa kami bantu?
×
Chat with Us