5 Tempat Miqat

Miqat adalah tempat yang tentukan oleh Rasulullah SAW atau para khalifah yang telah diberi petunjuk, sebagai titik awal pelaksanaan haji bagi semua jamaah dari empat arah (utara, Selatan, timur dan barat). Miqat sendiri dibedakan atas dua macam yaitu Miqat Zamani (batas waktu) dan Miqat Makani (batas letak tanah).⁣

Dalil tentang miqat diriwayatkan oleh ibnu Abbas ra.⁣

“Rasulullah SAW telah menentukan miqat (tempat start haji) untuk penduduk Madinah di Szul Hulaifah, untuk penduduk Syam di Juhfah, untuk penduduk Nejed di qarnul-Manazil, dan untuk penduduk Yaman di Yalamlam. Tempat-tempat itu adalah miqat bagi masing-masing penduduk tersebut dan bagi orang-orang yang datang dari arah mereka tetapi bukan penduduknya, yaitu orang-orang yang ingin melaksanakan haji dan umrah. Selanjutnya, siapa saja yang datang bukan dari arah tersebut, maka tempat ihramnya dari tempat tinggalnya. Begitu juga dengan penduduk Mekah. Mereka memulai ihram dari tempat tinggalnya.” (HR Bukhari & Muslim)⁣

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Ibnu Umar, disebutkan pula tentang miqat ini.⁣

“Ketika dua kota ini (Basrah dan Kufah) ditaklukan, orang-orang mendatangi Umar lalu berkata, ‘Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya Rasulullah SAW telah menetapkan Qarnun-Manazil sebagai miqat penduduk Nejed. Akan tetapi, tempat itu melenceng dan jauh dari jalan kami. Sesungguhnya apabila kami hendak menuju Qarnun-Manazil, kami merasa berat (menempuhnya).’ Umar berkata, ‘Perhatikan tempat yang searah dengan jalan kalian.’ Umar lalu menetapkan Dzat ‘Irq bagi mereka (penduduk Basrah dan Kufah).” (HR Bukhari)⁣

Nah lokasi mana saja yang menjadi 5 tempat miqat yang sesuai riwayat hadits?

1. Dzul Hulaifah, Kini Dikenal dengan Sebutan Bir Ali

Miqat ini adalah sekitar 9 kilometer dari Madinah dan sekitar 450 kilometer dari Makkah. Bir Ali adalah sebuah masjid yang jadi miqat bagi mereka yang tinggal di Madinah dan bagi mereka yang mendekati Makkah dari arah yang sama.

2. Rabigh Pengganti Juhfah

Miqat ini berjarak 183 kilometer arah barat laut Makkah. Ini adalah miqat bagi orang-orang yang datang dari Suriah. Namun karena Juhfah sekarang menjadi desa yang tak berpenghuni, akhirnya Rabigh yang berlokasi sebelum Juhfah menjadi tempat miqat bagi penduduk Suriah dan sekitarnya.

3. Qarnun-Manazil

Miqat ini merupakan tempat yang berbukit sekitar 75 kilometer di sebelah timur Makkah atau sekitar 220 kilometer bari Bandar Udara King Abdul Aziz. Ini adalah miqat  bagi penduduk Nejed (Riyadh)  dan bagi mereka yang datang dari arah itu.

4. Dzat ‘Irq

Miqat ini berada sekitar 94 kilometer ke arah sisi timur laut  dari Makkah. Ini adalah miqat bagi rakyat Iran, Irak dan bagi mereka yang datang dari arah itu.

5. Yalamlam

Miqat ini adalah daerah perbukitan sekitar 92 kilometer di sebelah tenggara Makkah. Ini adalah miqat bagi penduduk Yaman dan semua orang semua orang lain dari arah itu. Jamaah yang datang dari China, Jepang, India, Pakistan, dan mereka yang datang dengan kapal, maka Masjid Yalamlam lah yang menjadi miqat-nya.