Kumpulan Doa Pagi Hari, Muslim Harus Tahu!

Doa menjadi senjata bagi setiap muslim. Baik di kala sulit maupun lapang, setiap muslim dianjurkan untuk berdoa. Dalam Islam ada doa yang lebih afdhal jika dipanjatkan di waktu tertentu. Dengan mengetahui kumpulan doa pagi hari, selain berdoa menjadi lebih mudah, berdoa juga menjadi lebih khusyuk.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi”. (HR Al Hakim dan Abu Ya’la)

Doa Pagi Hari

Doa di pagi hari, Sumber: liputan6.com
Doa di pagi hari, Sumber: liputan6.com

Melihat penuturan Rasulullah tersebut, tentu setiap muslim jangan sampai meninggalkan doa dalam hidupnya. Dengan berdoa berarti dirinya mengakui akan adanya Sang Pencipta. Dan dengan berdoa, seorang muslim berarti mengakui bahwa ada kekuatan yang lebih besar darinya.

Dimana Pencipta yang Maha Kuat itulah tempat mukmin bersandar. Letak seorang mukmin mendapatkan kekuatan untuk mengarungi hidup. Dengan berdoa di pagi hari, dirinya akan lebih kuat dan semangat menjalani hari. 

Terkait doa pagi hari, pelaksanaannya pun dianjurkan oleh syariat Islam. Selain sebagai bentuk pengagungan kepada Allah, doa di pagi hari memiliki banyak manfaat. Mulai dari doa pagi hari pembuka rezeki, menenangkan jiwa hingga menumbuhkan semangat.

Dalam Surat Al Ahzab ayat 41-42, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya,

Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah dengan berdzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadaNya di waktu pagi dan petang”.

Hakikat berdoa tidak lepas dari berdzikir. Sebab secara istilah, dzikir dapat dimaknai sebagai mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dengan berdzikir di waktu pagi dan petang, seorang muslim berarti mengingat Allah di waktu tersebut dan di antara keduanya. Dengan mengingat Allah, dalam sehari seorang mukmin akan terus merasa diawasi oleh Allah.

Sehingga hidupnya akan terus melakukan kebaikan. Meskipun pada dasarnya setiap orang tidak luput dari salah dan dosa, namun dengan doa dampaknya akan lebih baik. 

Ketika melakukan khilaf seperti marah pun, ada doa ketika marah yang bisa dipanjatkan. Serta saat lalai melakukan maksiat pun, seorang muslim juga akan bersegera mohon ampun dengan berdoa. 

Begitulah dampak doa di pagi hari bagi seorang muslim. Perannya sangat besar bagi orang beriman. Dengan berdoa, seorang muslim telah bijaksana menempatkan hidupnya di dunia.

Selain itu Allah pun menegaskan untuk berdoa di pagi hari dalam Surat Qaf ayat 39 yang artinya,

Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya”.

Kumpulan Doa Pagi Hari

Kumpulan doa di pagi hari, Sumber: liputan6.com
Kumpulan doa di pagi hari, Sumber: liputan6.com

Dengan mengetahui doa pagi hari yang begitu penting, seorang muslim perlu mengetahui akan doa-doa. Baik doa pagi hari singkat bahkan hingga yang panjang. Dan berikut adalah kumpulan doa pagi hari yang bisa dijadikan referensi:

1. Doa Setelah Shalat Subuh

Meskipun tidak semua orang memulai aktivitas setelah shalat subuh, namun rata-rata manusia mulai beraktivitas di waktu itu. Maka setelah shalat subuh, seorang muslim perlu berdoa agar aktivitas yang dilakukan menjadi lebih lancar.

Setelah sholat subuh, Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang berbunyi,

اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amalan yang diterima”. (HR Ibnu Majah No. 762)

Rasulullah tidak pernah meninggalkan doa ini setelah shalat subuh. Sebagai ittiba’ pada beliau, setiap muslim perlu mengikutinya untuk kelancaran dan kebaikan aktivitas.

2. Doa Memohon Keselamatan

Selain itu juga perlu memanjatkan doa dalam melakukan dzikir pagi hari. Dan salah satu doa yang perlu dipanjatkan adalah doa memohon keselamatan.

Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang berbunyi,

اللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدّنِيْ وَ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ وَ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ لَا اِلَهَ اِلَّا اَنْتَ اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَ الْفَكْرِ وَ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَذَابِ الْقَبْرِ لَا اِلَهَ اِلَّا اَنْتَ

Ya Allah selamatkanlah tubuhku (dari segala penyakit dan segala apa yang tidak kuinginkan), selamatkanlah pendengaranku (dari penyakit dan atau maksiat), selamatkanlah penglihatanku (dari penyakit dan maksiat), tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari kekufuran dan kefakiran, aku berlindung kepadaMu dari azab kubur, tidak ada Tuhan selain Engkau”.  (HR Bukhari No. 701)

3. Perlindungan dari Setan dan Kejelekan Diri

Juga berdoa untuk perlindungan dari setan dan keburukan diri sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرُّهُ اِلَى مُسْلِمٍ

Ya Allah yang Maha mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb atas segala sesuatu dan Yang Merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang wajib diibadahi dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan diriku, dari setan dan kejahatannya menyekutukan Allah, dari berbuat kejelekan atas diriku, atau mendorong seorang muslim kepadanya”. (HR At Tirmidzi No. 3392)

4. Doa Kelancaran Amal

Dan sebaiknya seorang muslim juga berdoa di pagi hari agar amalan yang dilakukan seharian bisa berjalan dengan lancar. Doa di pagi hari agar diberi kelancaran bisa dipanjatkan sesuai dengan doa yang sering dipanjatkan sahabat Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu berikut,

اللَّهُمَّ اجْعَلْ عَمَلِيْ كُلَّهَا صَالِحًا وَ اجْعَلْهُ لِوَجْهِكَ خَالِصًا وَ لَا تَجْعَلْ لِاَحَدِ فِيْهِ شَدِيْدًا

Ya Allah jadikanlah seluruh amalanku sebagai amal yang shalih, dan jadikanlah ikhlas karena mengharapkan wajahMu dan janganlah Engkau jadikan di dalam amalku bagian untuk siapapun”.

Dalam doa tersebut cukup lengkap, sebab selain untuk kelancaran juga untuk kebenaran. Selain memanjatkan doa ini, akan lebih baik memanjatkan doa lain. Misalnya sebelum bepergian sebaiknya memanjatkan doa bepergian terlebih dahulu agar lancar dalam perjalanan.

5. Doa Terhindar dari Bahaya

Selain kelancaran dan kebenaran amal, dalam menjalani hari manusia juga beresiko mendapatkan bahaya. Maka dari itu setiap muslim sebaiknya juga berdoa agar terhindari dari segala bahaya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan doa yang berbunyi,

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْاَرْضِ وَ لَا فِي السَّمَاءِ وَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Dengan menyebut nama Allah yang dengan namaNya tidak ada satupun yang membahayakan baik di bumi maupun di langit. Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (HR At Tirmidzi No. 3388)

Nah, itulah kumpulan doa pagi hari yang bisa dijadikan referensi oleh setiap umat Islam. Sebagai inti ibadah, setiap muslim perlu melihat adab-adab dalam berdoa. Dengan demikian doa akan diterima oleh Allah dan lebih cepat untuk dikabulkan.

Dzikir pagi dan petang, Sumber: detik.com
Dzikir pagi dan petang, Sumber: detik.com

Selain doa-doa di atas, setiap muslim juga perlu merutinkan untuk membaca dzikir pagi dan petang. Terlebih anak-anak yang musti dibiasakan untuk membaca doa-doa pagi maupun harian khususnya di masa golden age anak. Sebab semakin banyak seorang muslim menjalin koneksi kepada Allah, Allah pun akan semakin cinta padanya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan bukan dengan dasar kepentingan duniawi.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran bagi semua hambaNya dalam menjalani kehidupan. Serta menerima setiap doa-doa yang senantiasa dipanjatkan.