Manfaat Fitur Radio Transmitter pada Aplikasi Muslim Pergi dan Cara Menggunakannya

Pada saat berada di tanah suci, kemungkinan terpisah dari rombongan karena banyaknya orang merupakan hal yang umum terjadi. Oleh sebab itu, kebanyakan biro travel umroh menyediakan fitur radio transmitter untuk memudahkan komunikasi dengan para jemaahnya. 

Padatnya orang yang sedang melakukan ibadah, terkadang membuat 1 rombongan menjadi terpisah. Namun meskipun terpisah dan jaraknya dengan pemandu (muthawif) jauh, jemaah tetap bisa mendengarkan panduan dari muthawif. Hal ini dikarenakan bantuan dari fitur radio transmitter yang terpasang di HP jemaah.

Radio transmitter tersebut akan ada di aplikasi travel umroh yang sudah disiapkan pihak biro. Jadi para jemaah hanya perlu mendownloadnya kemudian mengaktifkan fitur tersebut saat melaksanakan ibadah umroh. Hal tersebut cukup efektif untuk membantu para jemaah jika terpisah dari rombongannya.

Apa Itu Radio Transmitter?

Lalu sebenarnya apa itu radio transmitter yang dibutuhkan untuk agen travel umroh ini? Jadi transmitter ini merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk memproses serta memodifikasi sinyal input supaya bisa ditransmisikan sesuai dengan kanal yang diinginkan. 

Biasanya transmitter ini dikirimkan ke perangkat lain melalui gelombang radio. Jadi tidak heran jika alat yang satu ini disebut sebagai radio transmitter. Namun untuk bentuk dari radio transmitter ini juga beragam. Misalnya saja berbentuk remot, ataupun aplikasi yang biasanya digunakan oleh agen travel umroh.

Untuk radio transmitter dalam bentuk aplikasi ini membutuhkan perizinan tertentu agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Bagi agen travel umroh biasanya sudah mengurus mengenai perizinan tersebut jika akan menggunakan fitur aplikasi travel umroh ini. 

Fitur radio transmitter sangat memudahkan para jemaah, Sumber: makassar.tribunnews.com
Fitur radio transmitter sangat memudahkan para jemaah, Sumber: makassar.tribunnews.com

Manfaat Fitur Radio Transmitter

Pada dasarnya fitur radio transmitter ini memang dibuat untuk memudahkan para jemaah saat beribadah ke tanah suci. Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh para jemaah dengan menggunakan aplikasi travel umroh yang dilengkapi dengan fitur tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memudahkan Mendengarkan Instruksi Muthawif

Selain banyaknya orang yang berada di tanah suci, faktor penyebab rombongan terpisah bisa juga dikarenakan pandemi covid 19. Aturan jaga jarak yang ditetapkan oleh pemerintah juga bisa menjadi faktor terpisahnya 1 rombongan jemaah haji maupun umroh.

Karena terpisah dan sulit untuk memandunya, maka adanya fitur radio transmitter ini bisa menjadi solusi. Instruksi dari muthawif bisa tetap didengarkan dengan jelas oleh para rombongan tanpa mengganggu rombongan lain.

2. Bisa Mendengarkan Doa dari Jarak Jauh

Ketika melaksanakan ibadah haji maupun umroh ada berbagai doa yang dipanjatkan. Karena suasana yang padat, sering membuat jemaah kesulitan mendengarkan doa-doa. Oleh sebab itu, dibutuhkan radio transmitter ini untuk memudahkan jemaah mendengarkan doa-doa yang harus dipanjatkan ketika sedang beribadah.

Doa-doa yang perlu dipanjatkan tersebut biasanya akan dipandu oleh para pemandu haji atau umroh. Jadi meskipun jarak Anda dan pemandu cukup jauh, Anda bisa tetap mendengar doa-doa yang perlu dipanjatkan tersebut.

Ibadah umroh jadi lebih mudah dengan bantuan radio transmitter, Sumber: bareksa.com
Ibadah umroh jadi lebih mudah dengan bantuan radio transmitter, Sumber: bareksa.com

3. Memudahkan Mendengarkan Panduan City Tour

Ketika melakukan ibadah haji ataupun umroh, biasanya para jemaah juga akan melakukan city tour. Pada saat city tour berlangsung, terdapat pemandu yang sudah disediakan oleh pihak biro travel. Pada saat perjalanan berlangsung, biasanya pemandu city tour ini akan memberikan berbagai instruksi kepada para jemaah.

Meskipun ada beberapa jemaah yang tidak satu bus dengan pemandu, mereka tetap bisa mendengarkan panduan yang diberikan melalui radio transmitter tersebut.

4. Memudahkan Mendapatkan Informasi Penting

Pada saat menjalankan ibadah umroh atau haji akan ada berbagai informasi penting yang disampaikan oleh pihak biro. Jadi untuk memudahkan penyampaian informasi tersebut di tengah keramaian, pihak biro menggunakan radio transmitter yang sudah tersedia di aplikasi.

Cara Penggunaan Fitur Radio Transmitter

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan aplikasi dengan fitur radio transmitter ini dinilai lebih fleksibel dan hemat loh. Apalagi bagi para pelaku biro tour & travel untuk haji maupun umroh. Dengan menggunakan  fitur ini, para jemaah dapat mendengar panduan muthawif dengan nyaman dan jelas.

Meskipun posisi jemaah dengan posisi muthawif saling berjauhan. Dengan begitu, muthawif tidak perlu lagi berteriak-teriak ataupun mengeraskan suara untuk memandu para jemaahnya. Mengeraskan suara ketika menjalani ibadah umroh dikhawatirkan akan mengganggu jemaah lainnya. Jadi penggunaan fitur ini cukup membantu.

Cara penggunaan fitur radio transmitter pun cukup mudah. Nantinya para jemaah cukup menyiapkan  HP, earphone, serta koneksi internet yang stabil atau minimal HP mendapatkan sinyal internet. Setelah itu para jemaah hanya tinggal mendownload aplikasi travel umroh di Play Store maupun App Store sesuai biro yang menaunginya.

Ilustrasi tampilan aplikasi travel umroh, Sumber: muslimpergi.com
Ilustrasi tampilan aplikasi travel umroh, Sumber: muslimpergi.com

Kemudian jika sudah, para jemaah bisa menggunakan aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi travel umroh, sudah disediakan berbagai fitur. Jadi bukan hanya penggunaan radio transmitter, namun masih banyak fitur lainnya. Misalnya saja seperti informasi jadwal Keberangkatan, jadwal kegiatan, perhitungan tawaf, dan lain sebagainya.

Bagi biro travel umroh pun akan lebih diuntungkan jika menggunakan aplikasi ini. Hal ini dikarenakan dari segi biaya yang cukup hemat. Jika biasanya harus membeli alat radio transmitter per jemaah dengan kisaran harga yang cukup mahal, kali ini hanya dengan menggunakan aplikasi sudah bisa mendapatkan fitur radio transmitter.

Fitur Radio Transmitter pada Aplikasi MuslimPergi

Ketika Anda menggunakan aplikasi MuslimPergi, sudah ada fitur radio transmitter di dalamnya. Jadi bagi pelaku usaha travel tidak perlu lagi memikirkan biaya tambahan untuk pengadaan alat radio transmitter konvensional.

Fitur radio transmitter tersebut hanya bisa digunakan oleh biro umroh yang sudah menggunakan sistem MuslimPergi, serta berizin PPIU dari pemerintah pada smartphone berbasis android maupun IOS.

Jadi untuk memudahkan para jemaah, Anda bisa menggunakan sistem manajemen travel umroh dari MuslimPergi. Segera hubungi kami sekarang juga untuk dapat menggunakan sistem MuslimPergi ini.⁣ Silahkan konsultasi lebih lanjut dengan CS kami melalui kontak yang telah tersedia.⁣⁣⁣

⁣⁣