Tips Pemasaran Digital untuk Sukses Bisnis Travel Umroh dan Haji

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa saat ini teknologi sudah berkembang secara pesat. Jadi tidak heran jika dalam mengelola bisnis travel umroh dan haji membutuhkan pemasaran digital untuk membantunya berkembang. Berbagai hal yang dilakukan dengan bantuan digital akan terasa lebih mudah, termasuk berbisnis.

Dengan adanya teknologi yang maju pesat, tentu saja membuat Anda mau tidak mau harus beradaptasi dengan berkembangnya digitalisasi ini agar tidak ketinggalan zaman. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak strategi bisnis baru yang marak berkembang dengan memanfaatkan teknologi.

Meskipun ada gebrakan sesuatu hal baru, namun teknologi bukanlah suatu hal yang membingungkan. Malah sebaliknya, dengan adanya teknologi tersebut akan sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Anda bisa mulai memanfaatkan teknologi dalam melakukan pekerjaan Anda, termasuk bisnis travel umroh dan haji.

Tips digital marketing untuk bisnis travel umroh dan haji, Sumber: dreambox.id
Tips digital marketing untuk bisnis travel umroh dan haji, Sumber: dreambox.id

Bisnis Travel Umroh dan Haji Melalui Digital

Kebutuhan umat muslim untuk pergi beribadah ke tanah suci terus bertambah setiap tahunnya. Jadi tidak heran jika mulai banyak juga bisnis umroh dan haji yang bermunculan. Namun untuk mengelola bisnis travel umroh dan haji dengan baik, dibutuhkan strategi yang matang.

Hal tersebut tentu saja dibantu oleh teknologi digital yang saat ini sudah berkembang. Adanya pemasaran digital, dapat membantu bisnis travel tersebut ikut berkembang dan semakin dikenal banyak orang. Berikut beberapa tips pemasaran digital yang wajib diketahui oleh pengelola bisnis travel umroh dan haji.

1. Penggunaan Media Sosial

Dikutip dari laman dataindonesia.id, terdapat setidaknya 191 juta orang yang menggunakan media sosial secara aktif pada Januari 2022. Jumlah tersebut naik sekitar 12,35% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari data diatas, tidak heran jika media sosial dijadikan sebagai strategi digital marketing yang efektif. Pasalnya, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengiklankan produknya ke khalayak ramai menggunakan bantuan dari media sosial tersebut. 

Kita ambil contoh Instagram, di dalam Instagram terdapat fitur iklan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. Di dalam fitur tersebut, Anda bisa mengatur mengenai target market yang Anda sasar. Misalnya saja seperti usia, wilayah, gender, dan lain sebagainya.

Penggunaan media sosial, Sumber: kompas.com
Penggunaan media sosial, Sumber: kompas.com

2. Membuat Website Khusus

Tips kedua untuk membuat bisnis travel umroh dan haji semakin sukses adalah dengan membuat website khusus. Ketika Anda memiliki website tersendiri untuk usaha umroh dan haji, maka bisnis Anda terlihat lebih profesional. Dengan begitu, calon konsumen Anda akan semakin yakin dan percaya mengenai kredibilitas dari bisnis tersebut.

Selain itu, website juga digunakan untuk membantu memudahkan calon konsumen yang sedang mencari jasa travel umroh maupun haji. Kebanyakan orang akan menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mengetahui informasi terkait jasa penyedia layanan umroh dan haji.

Jadi dengan memiliki website khusus ini memungkinkan bisnis Anda dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Bahkan penggunaan website ini bisa mencakup berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, peluang Anda mendapatkan calon konsumen akan semakin besar.

Membuat website khusus untuk bisnis travel umroh dan haji, Sumber: jmc.co.id
Membuat website khusus untuk bisnis travel umroh dan haji, Sumber: jmc.co.id

3. Menggunakan Teknik SEO

Tips selanjutnya untuk pemasaran digital ini adalah menggunakan teknik SEO. Apakah Anda sudah tahu mengenai SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik digital marketing yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website agar website tersebut masuk di halaman pencarian teratas.

Sebagai contoh, Anda membidik keyword “Travel Umroh Jogja”. Kemudian untuk membuat website Anda berada di halaman teratas pencarian dengan keyword tersebut, maka dibutuhkan teknik SEO ini. Ada berbagai hal yang dibutuhkan agar keyword tersebut bisa berada di halaman teratas. 

Oleh sebab itu, tidak semua orang bisa melakukan optimasi menggunakan SEO ini. Jika Anda ingin mengoptimalkan website yang Anda miliki melalui teknik SEO, maka pastikan Anda memilih jasa SEO yang terpercaya. Dengan begitu, kemungkinan besar website Anda dikunjungi banyak orang dan ada yang tertarik menggunakan layanan yang Anda miliki.

Menggunakan teknik SEO, Sumber: vocasia.id
Menggunakan teknik SEO, Sumber: vocasia.id

4. Memakai Jasa Influencer

Penggunaan jasa influencer di era sekarang ini merupakan salah satu cara yang paling efektif. Pasalnya para influencer ini memiliki pengikut atau penggemar di akun media sosialnya yang cukup banyak. Bahkan hanya dengan informasi yang diberikan oleh para influencer, pengikutnya akan dengan mudah terpengaruh. Tentu saja dalam hal kebaikan ya.

Sudah banyak agen travel umroh yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnisnya. Salah satu caranya dengan mengajak si influencer tersebut untuk ikut melaksanakan ibadah umroh dengan agen travelnya. Agen travel umroh tersebut akan memberikan berbagai fasilitas tanpa dipungut biaya untuk si influencer.

Kemudian influencer tersebut akan mempromosikan agen travel umroh tersebut di akun media sosialnya untuk para pengikutnya. Jadi selama perjalanan umroh, ia akan memberitahukan kepada para pengikutnya mengenai kelebihan dari jasa travel tersebut. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menarik perhatian calon konsumen baru.

Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis travel umroh, Sumber: kumparan.com
Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis travel umroh, Sumber: kumparan.com

5. Menggunakan Aplikasi Travel

Tips berikutnya untuk membuat bisnis travel umroh dan haji semakin berkembang ada dengan menggunakan aplikasi. Saat ini aplikasi travel umroh sangatlah dibutuhkan bagi penyedia layanan umroh untuk membantu para jamaahnya.

Terdapat banyak fitur menarik yang ada didalam sistem aplikasi travel umroh yang nantinya sangat bermanfaat dalam pengelolaan jamaah umroh, dan tentunya secara tidak langsung bisa menunjang kekhusyukan jamaah dalam beribadah.

Salah satu penyedia aplikasi travel umroh ini adalah MuslimPergi. MuslimPergi merupakan perusahaan IT yang membantu biro travel umroh untuk mengupgrade sistemnya secara keseluruhan mulai dari sisi manajemen, penjualan, hingga pelayanan terhadap para jamaah. Kami fokus menciptakan inovasi untuk kebutuhan bisnis travel Umroh yang siap untuk maju.

Jadi jika Anda ingin mengelola bisnis travel umroh dan haji Anda dengan baik, maka bisa menggunakan aplikasi travel umroh ini. Anda bisa menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjutnya. Jangan ragu untuk mengembangkan bisnis travel umroh Anda untuk semakin maju dan sukses.

Menggunakan aplikasi travel umroh dari MuslimPergi, Sumber: muslimpergi.com
Menggunakan aplikasi travel umroh dari MuslimPergi, Sumber: muslimpergi.com

Itulah tadi mengenai tips pemasaran digital untuk membuat bisnis travel umroh dan haji menjadi sukses. Peran dari pengelola bisnis sangat berpengaruh dalam kelangsungan bisnis tersebut. Jadi pastikan bahwa sistem manajemen bisnis yang dikelola memudahkan seluruh pekerjaan bisnis. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda mengelola bisnis travel umroh haji.

Muslim Pergi merupakan perusahaan penyedia layanan pembuatan aplikasi travel Umroh terpercaya. Dengan membuat aplikasi travel umroh, Anda akan terbantu dalam pemasaran digital.