Inilah Keistimewaan Umroh yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Menghilangkan Kefakiran

⁣⁣⁣Pernahkah Anda mendengar kata-kata bahwa umroh menghilangkan kefakiran? Yaps, umroh memang memiliki berbagai keistimewaan yang luar biasa. Jadi tidak heran jika banyak orang yang ingin melakukan ibadah umroh untuk mendapatkan berbagai keistimewaan dari umroh tersebut.

Jadi jangan pernah terpengaruh dengan kata orang yang beranggapan bahwa umroh hanya membuang-buang uang saja. Anggapan tersebut jelas salah, nyatanya umroh bisa menghilangkan kefakiran. Bukan hanya itu saja, masih banyak janji Allah tentang umroh yang perlu Anda ketahui.

Ibadah umroh memang bukanlah ibadah wajib yang harus dilakukan. Namun ketika Anda sudah mampu untuk melakukan ibadah umroh, maka segerakanlah. Apalagi jika Anda memiliki uang lebih untuk ibadah haji, maka menyegerakan haji menjadi sebuah keharusan.

Mengenal berbagai keistimewaan umroh yang salah satunya menghilangkan kefakiran, Sumber: jejakimani.com
Mengenal berbagai keistimewaan umroh yang salah satunya menghilangkan kefakiran, Sumber: jejakimani.com

Keistimewaan Umroh

Bukan hanya menghilangkan kefakiran, tapi masih ada berbagai fadhilah umroh lainnya yang perlu Anda pahami. Ketika Anda mengetahui keistimewaan tersebut, Anda akan semakin semangat untuk menabung agar bisa segera berangkat ke tanah suci melakukan ibadah umroh.

Untuk sedikit menghemat budget, Anda bisa mencari jasa travel umroh yang menawarkan paket promo umroh. Meskipun harga promo, Anda tetap perlu mengecek terlebih dahulu kredibilitas dari jasa umroh tersebut agar terhindar dari penipuan. Tidak perlu lama-lama lagi, berikut berbagai keistimewaan umroh yang perlu Anda ketahui.

1. Menghilangkan Kefakiran dan Penghapus Dosa

Keistimewaan umroh yang pertama adalah menghilangkan kefakiran dan penghapus dosa. Umroh menghilangkan kemiskinan ini juga sudah tertuang sebagaimana mestinya dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. Tirmidzi).

Jadi ketika melakukan ibadah umroh, Anda tidak perlu khawatir jika Anda akan kehabisan harta. Malah sebaliknya, Allah akan mencukupkan harta yang Anda miliki. Bahkan setelah melaksanakan ibadah umroh, rezeki Anda akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Jika melihat dari hadits di atas, selain dihilangkan dari kefakiran, Anda juga akan dihapuskan dosa-dosanya. Jadi sepulangnya Anda dari tanah suci, Anda akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Umroh dapat menghilangkan kefakiran dan penghapus dosa, Sumber: newsmaker.tribunnews.com
Umroh dapat menghilangkan kefakiran dan penghapus dosa, Sumber: newsmaker.tribunnews.com

2. Sebagai Jihad Bagi Wanita

Keistimewaan ibadah umroh bukan hanya menghilangkan kefakiran saja, namun umroh juga merupakan bentuk jihad bagi wanita. Jadi seperti yang telah kita ketahui, salah satu bentuk jihad bagi laki-laki adalah dengan cara berperang membela agama Islam. Nah itu untuk laki-laki, kalau untuk wanita bagaimana?

Bentuk jihad bagi wanita adalah dengan melakukan ibadah haji dan umroh. Hal ini juga sudah tercantum di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Jihadnya orang-orang yang sudah tua, anak-anak, orang-orang lemah, dan juga wanita adalah haji dan umrah.” (HR An Nasa’i).

Bahkan jika dilihat dari hadits tersebut, bukan hanya wanita saja yang ibadah haji dan umrohnya dihitung sebagai jihad. Namun bagi orang yang sudah tua, orang-orang lemah, hingga anak-anak pun juga dihitung sebagai jihad apabila melakukan ibadah haji dan umroh.

Umroh sebagai bentuk jihadnya seorang wanita, Sumber: madaninews.id
Umroh sebagai bentuk jihadnya seorang wanita, Sumber: madaninews.id

3. Doa yang Dipanjatkan Akan Dikabulkan

Ketika melakukan ibadah umroh, doa baik yang dipanjatkan akan dikabulkan. Hal ini dikarenakan para jamaah yang datang merupakan tamu Allah SWT. Jadi akan sayang sekali untuk dilewatkan jika diberikan kesempatan untuk berkunjung ke tanah suci. 

Karena merupakan tamu Allah, ada keistimewaan yang diberikan oleh para jamaah yang datang untuk beribadah ke tanah suci. Keistimewaan tersebut adalah dikabulkannya berbagai doa baik yang dipanjatkan. Hal tersebut sudah tertuang di dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW:

“Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah).

Doa yang dipanjatkan saat umroh akan dikabulkan, Sumber: medan.tribunnews.com
Doa yang dipanjatkan saat umroh akan dikabulkan, Sumber: medan.tribunnews.com

4. Pahalanya Dicatat Hingga Kiamat Ketika Meninggal Saat Umroh

Keistimewaan melakukan ibadah umroh selanjutnya adalah pahalanya akan terus dicatat hingga kiamat apabila jamaah tersebut meninggal saat umroh. Sungguh keistimewaan yang luar biasa bukan? Hal tersebut juga telah disampaikan di dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa keluar untuk berhaji lalu meninggal dunia, maka dituliskan untuknya pahala haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar untuk umrah lalu meninggal dunia, maka ditulis untuknya pahala umrah hingga hari kiamat. Dan barangsiapa keluar untuk berjihad lalu mati maka ditulis untuknya pahala jihad hingga hari kiamat.”

Pahalanya akan dicatat hingga kiamat apabila meninggal saat umroh, Sumber: hukamanews.com
Pahalanya akan dicatat hingga kiamat apabila meninggal saat umroh, Sumber: hukamanews.com

5. Umroh Saat Ramadhan Setara dengan Haji

Selain menghilangkan kefakiran, penghapus dosa, jihad bagi wanita, doa dikabulkan, hingga pahalanya terus dicatat hingga kiamat jika meninggal saat umroh, ada keistimewaan lainnya. Keistimewaan tersebut akan didapat ketika jamaah melakukan ibadah umroh saat bulan Ramadhan.

Ketika Anda melaksanakan ibadah umroh saat Ramadhan, maka umroh tersebut akan setara seperti melakukan haji. Hal tersebut telah tertuang di dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi yang dimaksud setara dengan haji adalah nilai pahalanya. Pahala umroh di bulan Ramadhan akan setara dengan pahala ibadah haji. Namun untuk kedudukan haji sendiri sebagai ibadah wajib bagi umat muslim, tidak akan bisa digantikan oleh umroh di bulan Ramadhan.

Pahala umroh saat bulan Ramadhan setara dengan pahala haji, Sumber: republika.co.id
Pahala umroh saat bulan Ramadhan setara dengan pahala haji, Sumber: republika.co.id

Itulah tadi berbagai keistimewaan dari melakukan ibadah umroh yang salah satunya adalah menghilangkan kefakiran. Bukan hal yang tidak mungkin untuk Anda melakukan ibadah umroh dan haji. Dengan niat yang tulus, Allah akan membantu melancarkan keinginan baik Anda untuk beribadah ke tanah suci.

Jika Anda seorang pebisnis travel umroh, pastikan Anda memberikan kemudahan dalam aktivitas ibadah umroh orang lain. Dengan memberikan kemudahan, Insya Allah ada pahala tersendiri yang menanti Anda!