Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit agar Cepat Sembuh

Mengurus orang tua adalah salah satu ibadah dengan derajat yang tinggi. Terdapat sebuah hadis yang menjelaskan bahwa merawat orang tua lebih baik dibandingkan dengan berjihad, terlebih saat beliau sedang sakit. Maka membaca doa untuk orang tua sakit menjadi amal shalih yang mulia di mata Allah. 

Selain menjadi amal shalih yang mulia, dengan membaca doa untuk orang tua sakit tentunya menjadi salah satu cara untuk berharap mereka cepat sembuh.

Lalu doa apa yang tepat untuk orangtua sakit? dan bagaimana adabnya ketika berdoa? simak jawabannya di bawah ini.

Doa Untuk Orang Tua Sakit 

Pengorban Orangtua untuk Anaknya. Sumber: unsplash.com
Pengorban Orangtua untuk Anaknya. Sumber: unsplash.com

Saat kondisi orang tua sedang menurun, sudah kewajiban sebagai anak untuk merawat mereka. Mengingat bagaimana pengorbanan dan perjuangan mereka saat Kita masih kecil hingga tumbuh seperti sekarang tidak ada habisnya.

Oleh karena itu, pengorbanan dan perjuangan Mereka harus dibalas dengan perlakuan yang baik sebagaimana yang sudah diajarkan syariat agama.

Walaupun semua yang sudah kita lakukan untuk Mereka masih tidak sebanding dengan apa yang sudah mereka lakukan, setidaknya dengan perlakuan tersebut bisa menjadi bukti bahwa kita berbakti kepada mereka.

Salah satu bentuk perlakuan baik kepada Mereka yang sedang sakit adalah dengan memohon doa kepada Allah Azza Wa Jalla untuk kesembehuan mereka.

Ketika orang tua sedang sakit, doa ini lah yang tepat untuk memohonkan kesembuhan Mereka kepada Allah:

لَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya adalah : Ya Allah Tuhan manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah beliau kesembuhan. Engkaulah zat yang maha menyembuhkan. Sesungguhnya tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu dan kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lainnya. 

Dalam berdoapun ada beberapa adab yang harus Anda perhatikan. Supaya apa? tentunya supaya doa Anda langsung didengar dan dikabulkan oleh Allah Azza Wa Jallah.

Lalu bagaimana sih adab berdoa untuk orang tua yang sedang sakit? Berikut penjelasan lengkapnya, 

1.     Mengawali dengan Memuji Allah 

Allah adalah zat yang sangat wajib untuk dipuji, karena atas rahmatNya lah Anda bisa merasakan nikmat hingga saat ini. Ibarat seorang anak yang merayu ibunya agar bisa dibelikan permen begitulah yang harus Anda lakukan ketika akan berdoa. 

Maka adab pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengawali doa dengan memuji nama Allah, sifat Allah dan menunjukkan rasa berterimakasih Anda atas segala yang telah diberikan. Jangan lupa mengucapkannya dengan sebaik mungkin. 

2.     Melantunkan Shalawat Pada Rasulullah 

Bershalawat kepada Rasulullah. Sumber: google.com
Bershalawat kepada Rasulullah. Sumber: google.com

Kedua Anda tidak boleh lupa untuk melantunkan sholawat pada Rasulullah sebagai pembawa kebenaran dan pemimpin umat Islam di akhir zaman ini.

Siapa saja yang bersholawat untuk Rasulullah maka akan mendapat pertolongan di hari kiamat. 

Hal tersebut dikuatkan oleh Hadits Riwayat Thabarani, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِيْنَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي

Artinya adalah : Barangsiapa yang bershalawat untukku di waktu pagi sepuluh kali dan di waktu sore sepuluh kali, maka ia berhak mendapatkan syafa’atku.

Tak hanya pertolongan di hari kiamat, namun dengan bershalawat pula para malaikat akan menyampaikannya langsung kepada Rasulullah.

Seperti yang dijelaskan pada Hadits Riwayat Nasa’i dan Hakim, dari Abdullah bin MAs’ud bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ للهِ مَلاَئِكَةً سَيَّاحِينَ يُبَلِّغُونَنِي مِنْ أُمَّتِي السَّلاَمَ
Artinya adalah : Sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yang berkeliling menyampaikan salam kepadaku dari umatku.

Inilah poin pentingnya mengapa dalam doa Anda perlu dibarengi dengan lantunan shalawat pada Rasulullah. Bisa saja ketika malaikat menyampaikannya kepada Rasulullah, doa Anda ikut tersampaikan dan Rasulullah ikut mendoakan.

3.     Memohon Ampun atas Segala kesalahan 

Setiap manusia pasti melakukan kesalahan yang menghambat diterimanya doa oleh Allah. Oleh karena itu sebelum berdoa mohonlah ampun kepada Allah dengan rendah hati dan sebenar-benarnya agar segala yang di inginkan tercapai.  

4.     Menyampaikan Kesusahan dan Perbuatan Baik Orang Tua yang Sudah Dilakukan 

Hendaknya Anda menyebutkan kebaikan yang sudah dilakukan orang tua walaupun tidak akan bisa memperincinya satu persatu. Seperti bagaimana beliau menyayangi Anda dengan sepenuh hati, merawat ketika sakit dan lain sebagianya. 

5.     Meminta Kesembuhan 

Ketika beberapa poin di atas sudah Anda lakukan dengan sebaik mungkin, maka selanjutnya adalah meminta kesembuhan untuk orang tua dengan menyebutkan penyakit yang mereka derita. Berdoalah dengan sungguh-sungguh dan diulang beberapa kali. 

6.     Dilaksanakan pada Waktu dan Tempat yang Mustajabah 

Syarat Ibadah Haji. Sumber: unsplash.com
Syarat Ibadah Haji. Sumber: unsplash.com

Berdoa di tempat dan waktu yang diijabah amatlah penting. Lebih baik Anda berdoa saat sehabis solat fardu, tahajud, dhuha atau di Makkah dan Madinah. Insya’Allah jika Anda tidak berputus asa maka orang tua segera diberikan kesembuhan. 

Itulah setidaknya keenam adab yang perlu diperhatikan ketika henda berdoa untuk orang tua yang sedang sakit. Keenam adab tersebut sekaligus penutup artikel muslimpergi kali ini.

Jika Anda mempunyai biro travel umroh sudah saatnya memberikan pelayanan yang terbaik agar para jama’ah bisa berdoa dengan tenang dan nyaman. Salah satu yang bisa membantu Anda adalah kami, muslimpergi yang saat ini telah menyediakan panduan doa sa’i hanya dalam genggaman. 

Jamaah hanya tinggal membuka aplikasi dan membaca panduan doa lengkap, mulai dari ketika di bukit shafa, perjalanan, hingga sampai ke bukit Marwah. Calon jamaah Anda tidak perlu repot-repot membawa buku panduan lagi dan digantikan dengan aplikasi yang lebih praktis. 

Wujudkan terkabulnya doa untuk orang tua yang sakit para calon jamaah dengan menghubungi kami untuk penjelasan lebih lanjutnya. Jadilah biro travel yang memudahkan, memberikan kenyamanan dan ketentraman para jama’ah.